4 Jenis Tempat Untuk Berjualan Online.

May 09, 2021

Apabila Anda telah berjualan secara online cukup lama, Anda pasti pernag mendengar para ahli meyarankan untuk memiliki variasi tempat penjualan dengan menggunakan strategi “multichannel”.

Strategi multichannel adalah strategi dimana Anda memasarkan atau menjual produk Anda di berbagai macam tempat baik offline maupun online. Dengan menerapkan strategi ini Anda dapat menjangkau lebih bantak konsumen dan menawarkan jangkauan lebih luas untuk konsumen berinteraksi dengan produk atau merek Anda.

Tentunya, tidak semua kanal/tempat penjualan memiliki dampak yang sama terhadap usaha Anda. Beberapa tempat akan lebih memprioritaskan produk miliknya dibanding produk Anda. Namun, manfaat yang Anda peroleh jauh lebih banyak dari kerugiannya.

Maka dari itu, mari kita kenali jenis jenis kanal/tempat berjualan online yang bisa Anda coba!

  1. General Marketplace (Tokopedia, Shopee, Bukalapak)

General Marketplace adalah tempat yang sangat bagus untuk menjual produk yang memiliki permintaan tinggi. Berjualan melalui kanal ini meningkatkan kredibilitas produk /merek Anda sehingga konsumen tidak terlalu ragu untuk membeli.

Di sisi lain, General Marketplace sangat mementingkan kredibilitas produk Anda mulai dari rating, testimoni dan berapa produk yang telah Anda jual. Maka dari itu jenis kanal/tempat penjualan ini bukanlah opsi terbaik apabila Anda memiliki merek/produk yang unik.

  • Classified Listing (FJB Kaskus, Carousell)

Kaskus dan Carousell umumnya digunakan oleh individu untuk menjual produk yang sudah tidak lagi digunakan. Tentunya hal tersebut berdampak pada sedikitnya penjual dan pemilik usaha yang menggunakan kanal ini.

Namun, apabila Anda memiliki usaha yang menjual produk produk bekas atau para reseller, opsi untuk menggunakan kanal ini sangatlah terbuka untuk Anda.

  • Daily Deals (Groupon, Shopback)

Apabila Anda ingin memberikan konsumen kesempatan untuk mencoba produk Anda dan memperluas jangkauan dari Usaha Anda, ada baiknya mencoba opsi untuk bekerja sama dengan platform yang memberikan diskon atau cashback ketika konsumen membeli produk Anda.

Model ini hamper mirip dengan iklan berbayar namun, Anda tidak dikenakan biaya diawal karena menggunakan sistem bagi hasil. Platform ini juga akan membantu memasarkan produk Anda.

  • Subscriptions Box Service (Kulina)

Apabila usaha Anda menawarkan model berlangganan, Anda dapat memilih opsi ini. Walaupun kanal ini belum popular di Indonesia, sudah ada beberapa platform yang menawarkan fitur ini sebagai contoh kami ambil kulina. Kulina adalah platform untuk jasa catering yang menawarkan konsumen opsi untuk berlanggan catering Anda.

Terdapat berbagai macam jenis makanan yang ada dalam kulina, sehingga bagi Anda yang bergerak di bidan catering kami sangat menyarankan untuk usaha Anda menggunakan kanal ini.

Nah, kira kira tempat apa yang cocok bagi usaha Anda untuk mengembangkan penjualan Anda?