4 Tips Agar Anda Lebih Unggul Dari Kompetitor

Feb 08, 2021

Dengan ketatnya persaingan di era ini, para pelaku usaha berlomba-lomba untuk dapat mengungguli para pesaingnya. Dibutuhkan Competitive Advantage untuk dapat mengungguli para pesaing Anda.

Apa sih artinya Competitive Advantage? Menurut Michael Porter, Competitive Advantage adalah kemampuan yang diperoleh melalui karakteristik dan sumber daya suatu perusahaan untuk memiliki kinerja yang lebih tinggi dibandingkan perusahaan lain pada industri atau pasar yang sama.

Berikut adalah 4 tips yang dapat membantu Anda mendapatkan competitive advantage:

  • Cari sub-kategori yang masih sepi dengan kompetitor

Apabila Anda berjualan produk yang telah banyak kompetitornya, ada baiknya Anda mengalihkan fokus pemasaran dan penjualan Anda ke sub-kategori dari produk tersebut yang belum banyak penjualnya. Sebagai contoh, apabila Anda membuka toko beras secara online. Tentunya, karena beras adalah bahan pokok sehari-hari pasti persaingnnya sudah terlalu ketat. Untuk dapat mengungguli competitor Anda yang sama sama menjual beras, Anda bisa mengalihkan fokus Anda untuk melayani konsumen yang memiliki keinginan lebih dari beras biasa. Anda bisa menawarkan beras organik dan menerapkan Teknik positioning sebagai beras organik yang berasal dari petani lokal untuk menambah value dari produk Anda.

  • Pahami rekam jejak pelanggan Anda

Rekam jejak yang dimaksud di sini adalah perjalanan pelanggan Anda mulai dari timbulnya keinginan sampai akihrnya melakukan pembelian. Dengan memahami perjalanan yang dialami oleh pelanggan Anda. Ada beberapa alat untuk menelusuri rekam jejak tersebut cotohnya dengan menggunakan Consumer Journey Roadmap. Dengan benar-benar memahami perjalanan tersebut Anda dapat menjadikannya sebagai landasan untuk melakukan inovasi terhadap produk, menentukan kegiatan pemasran yang paling efektif untuk pelanggan Anda, dan masih banyak lagi.

  • Kenali kelebihan Anda lalu perkuat kelebihan tersebut

Untuk mengenali kelebihan dari usaha Anda, Anda harus melakukan Analisa SWOT terlebih dahulu. Setelah itu daripada Anda fokus mencari kelemahan pesaing, Anda dapat melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat memperkuat kelebihan Anda dibanding competitor.

  • Ciptakan Unique Selling Proposition

Unique Selling Proposition adalah penawaran yang Anda tawarkan kepada pelanggan yang tidak dimiliki oleh pesaing Anda. Contoh dari unique selling proposition adalah toko pakaian yang menawarkan kostumisasi pakain tanpa dikenakan biaya tambahan walaupun para pesaing mengenakan biaya untuk jasa serupa. Yang membuat unik adalah hilangnya biaya kostumisasi tersebut sehingga dapat disebut Unique Selling Point.

Untuk lebih mengetahui kondisi pasar dan competitor Anda, gunakan HidupCUAN sekarang juga!.