Cara Melakukan Analisis SWOT Untuk UMKM Dan Online Seller

January 19, 2021

            Semua usaha baik besar maupun kecil pasti ingin berkembang. Untuk mengembangkan usaha yang sedang Anda jalani, diperlukan analisis terhadap situasi usaha Anda agar Anda bisa merencanakan langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan untuk mengembangkan usaha Anda.

            Ada berbagai macam cara untuk melakukan analisis tersebut dan yang paling mudah adalah dengan melakukan analisis SWOT. Lalu, apa yang dimaksud dengan analisis SWOT? Simak penjelasan kami berikut ini.

Pengertian

Analisis SWOT adalah metode analisis perencanaan strategis yang digunakan untuk memonitor dan mengevaluasi lingkungan perusahaan baik lingkungan eksternal dan internal untuk suatu tujuan bisnis tertentu. SWOT merupakan akronim dari kata: kekuatan

(strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT.

            Jadi, dalam analisis ini Anda harus menemukan keempat faktor tersebut dalam usaha Anda. Adapun penjelasan lebih lanjut mengenai keempat faktor tersebut adalah sebagai berikut:        

-Strengths (Kekuatan)

            Untuk kekuatan, coba pikirkan apa yang menjadi daya tarik pada usaha Anda. Mungkin produk Anda ramah linhkungan? Atau system pengiriman yang menjamin pelanggan mendapatkan produk Anda dalam 1 x 24 jam. Silahkan isi dengan hal-hal yang membuat usaha Anda lebih unggul dibanding pesaing.

-Weaknesses (Kelemahan)

            Untuk kelemahan, Anda dapat menyebutkan hal-hal yang para pesaing Anda lakukan yang lebih baik dari Anda. Contohnya adalah harga yang lebih murah, produk belum dikenal secara luas atau ketersediaan bahan baku yang terbatas.   

-Opportunities (Peluang)

            Untuk peluang, Anda perlu memikirkan peluang peluang apa saja yang akan usaha Anda alami kedepan. Sebagai contoh, apabila Anda memiliki usaha produksi kantong belanja berbahan kain, Anda dapat mengisi pelarangan kantong plastik yang akan menjadikan produk Anda sebagai opsi utama penggati kantong plastik.

-Threats (Ancaman)

            Ini adalah kebalikan dari peluang, hal hal yang termasuk sebagai ancaman terdiri dari ancaman internal (Kurang karyawan, mesin produksi mudah rusak, dan seterusnya) atau dari eksternal (Peraturan pemerintah, bencana alam dan harga bahan dasar yang naik)

            Dengan melakukan analisis SWOT, anda dapat melihat kondisi usaha Anda dan meperkirakan proyeksi kedepan. Kami sangat menyarankan Anda untuk melakukan analisis ini secara berkala.

            Bagaimana? Sangat mudah bukan untuk melakukan analisis SWOT. Pelajari lebih dalam kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman untuk usaha Anda dengan HidupCUAN!