Loyalitas Pelanggan Untuk Pemula Bagian 1

September 18, 2021

Loyalitas pelanggan adalah hal yang semua pengusaha inginkan namun sangat susah untuk didapatkan. Pelanggan tentunya memiliki keinginan tersendiri dalam membeli produk atau jasa dan mereka akan loyal terhadap perusahaan yang dapat membantu mereka memenuhi keinginan tersebut.

Pelanggan juga bisa berpaling dari produk atau jasa Anda apabila ada pesaingy yang dapat memberikan penawaran yang lebih baik. Di bawah ini dalah contoh cara untuk tetap mengungguli kompetitor serta membangun kesetiaan pelanggan.

1. Menerapkan multi-channel layanan konsumen.

Apabila Anda ingin membangun loyalitas pelanggan, maka Anda harus mengetahui kebutuhan pelanggan. Dengan memiliki layanan konsumen melalui berbagai kanal, Anda dapat dengan mudah berinteraksi dengan pelanggan. Semakin sering interaksi tersebut semakin sering pula kesempatan yang akan Anda dapatkan untuk menghadirkan pengalama berbelanja yang terbaik.

Banyak pilihan untuk kanal layanan konsumen yang Anda bisa gunakan, mulai dari chatbot, email, akun media sosial atau nomor yang mereka bisa hubungi. Tujuan dari semua ini adalah mempermudah para pelanggan untuk berinteraksi dengan kita.

2. Menerapkan layanan konsumen terbaik.

Berusaha secara maksimal untuk menghadirkan layanan konsumen yang terbaik bukan berarti memberikan produk gratis atau diskon. Para konsumen Anda ingin solusi dari masalah yang mereka alami, bukan barang gratis dair Anda.

Hal yang harus Anda lakukan adalah benar benar mendengarkan apa yang konsumen Anda katakana dan mengolah feedback dari mereka. Konsumen akan merasa sangat terbantu apabila mereka mendapatkan solusi dibandingkan produk gratis atau diskon, walaupun itu merupakan pemanis dari pengalaman mereka ketika berinteraksi dengan Anda.

3. Fokus pada pelanggan bukan pesaing.

Ada waktunya ketika Anda harus memikirkan tenang pesaing Anda, namun hal tersebut tidak berpengaruh besar terhadap membangun loyalitas pelanggan. Mengikuti cara yang dilakukan oleh pesaing untuk mendapatkan loyalitas tidak akan memberikan hasil seperti yang didapatkan oleh pesaing Anda. Untuk menjadi yang terbaik di mata pelanggan, Anda harus mengetahui apa yang sudah dilakukan oleh pesaing dan harus melakukan hal yang lebih dari mereka.

Tingginya loyalitas pelanggan adalah hasil dari hal-hal kecil yang Anda lakukan. Ini berarti kesuksesan Anda tidak dipengaruhi oleh 1 inovasi, melainkan konsistensi Anda menjaga kepuasan pelanggan setiap saat.

4. Selalu Konsisten.

Alasan nomor 1 mengapa perusahaan sperti McDonald’s dan Starbucks sangat sukses adalah buah dari konsistensi mereka. Pelanggan mendapat jaminan ketika mereka membeli produk dari kedua perusahaan tersebut kapanpun dan dimanapun mereka berada.

Ketika sebuah perusahaan berhasil untuk menghadirkan konsistensi dalam produknya, hal ini akan menghadirkan loyalitas dari pelanggan karena mereka sudah tahu bahwa ketika mereka ingin  membeli burger cepat saji McDonalad’s akan selalu berhasil memenuhi keinginan tersebut sebagai contoth sehingga mereka tidak perlu mencoba alternatif lain.

Nah, berikut adalah tahap-tahap yang dapat SobatCUAN lakukan untuk menimbulkan loyalitas pelanggan. Tapi tunggu dulu karena masih ada bagian 2 dari artikel ini yang akan membahas tahap-tahap selanjutnya! Jangan lupa klik tombol subscribe supaya tidak ketinggalan ya!